Jenis Jenis Bisnis Properti Pasti Menguntungkan & Menjanjikan

Jenis Jenis Bisnis Properti Pasti Menguntungkan & Menjanjikan

Jenis jenis bisnis properti memang sering kita temukan di media khususnya internet. Bisnis properti sendiri tergolong banyak peminatnya namun belum terlalu banyak yang siap terjun kedalamnya. Mengapa demikian? Karena keuntungan bisnis properti sangat menggiurkan tapi disisi lain risikonyapun disebut sebut cukup besar.

Properti sendiri termasuk bidang properti yang dapat digeluti oleh hampir semua kalangan baik ibu rumah tangga, pebisnis, pekerja bahkan mahasiswa yang masih aktif. Hal ini menunjukkan bahwa untuk terjun ke bidang properti bisa dilakukan oleh semua orang, walaupun sebelumnya tak menekuni bisnis dibidang properti.

Bisnis Properti kini hadir dengan beragam konsep, salah satunya mengenai ragam usaha properti yang menawarkan keuntungan berlipat, bahkan bisa membuat para pelakunya kaya mendadak atau menjadi miliader di usia muda.

Bagi Anda yang tertarik ingin terjun kedalam bisnis properti, tidak ada salahnya mulai mencoba beberapa bisnis properti sembari menemukan kategori bisnis mana yang paling cocok. Tapi untuk bisa memulai, setidaknya Anda tetap memahami apa saja jenis jenis bisnsi properti, kami akan uraikan lebih detail dipembahasan ini.

Baca Juga:

  1. Istilah Dalam Bisnis Properti A-Z
  2. Tips Memilih Rumah di Perumahan

Jenis Jenis Bisnis Properti Untuk Pemula

Jenis Jenis Bisnis Properti
Jenis Jenis Bisnis Properti

Banyak pemula yang tertarik untuk memulai bisnis properti agar mendapat keuntungan yang menjanjikan. Mereka bertanya-tanya bagaimana cara sukses usaha properti kecil kecilan dengan modal minim bahkan tanpa modal sama sekali. Perlu Anda ketahui, Bisnis properti itu sangat fleksibel.

Anda bisa menjalankan dengan modal besar, modal kecil bahkan tanpa modal sekalipun, semuanya tergantung dari diri Anda sendiri mau mulai dari sisi mana. Dan salah satu yang paling banyak digemari oleh pebisnis properti pemula adalah bisnis properti tanpa modal. Betul ya?

Bisnis tanpa modal biasanya akan berkecimpung dalam profesi broker atau agen yang menjual rumah perumahan, tanah kavling, apartemen dan lain sebagainya. Bagi Anda yang masih asing dengan istilah ini, silahkan baca postingan sebelumnya tentang Istilah Istilah Dalam Bisnis Properti.

Setiap pebisnis, kami yakin ingin memulainya dengan modal seminimal mungkin tapi hasil maksimal. Begitupun dalam bisnis properti, kalau ada modal yang murah sedikit risiko kenapa harus dari modal yang besar? Nah bagi Anda yang mau terjun ke bisnis ini, tidak ada salahnya menyimak penjelasan ide & jenis bisnis properti dibawah ini.

1. Menjadi Broker Properti

Broker Properti adalah seseorang yang memiliki peran sebagai perantara antara penjual dan pembeli properti. Sebutan lainnya untuk broker adalah makelar, calo atau biong. Dulu cara kerja broker properti sangat identik dengan makelar pada umumnya yang bersifat tradisional serta tidak terstuktur. Namun seiring berjalannya waktu, broker kini dapat berbentuk suatu lembaga atau perusahaan di bawah payung hukum dan lebih profesional.

Singkatnya, broker properti adalah seorang profesional bertugas mengurus dan mempromosikan properti yang dibutuhkan developer sebagai pihak pertama. Menjadi broker properti sangat cocok untuk pemula yang sedang belajar usaha dalam bidang properti. Untuk memulai menjadi broker propertipun terbilang cukup mudah, Anda bisa mencari properti yang hendak dijual atau disewakan baik itu tanah, rumah, ruko, apartemen atau yang lainnya.

Setelah Anda mendapatkan properti siap jual atau sewa, kemudian Anda bisa mulai negoisasi kepada pemilik properti tersebut. Utarakan niat Anda untuk membantu menjualkan atau menyewakan properti pemilik. Posisi Anda sebagai perantara harus mencari pembeli yang bersangkutan, tunjukkan sikap profesional, jujur, dan bisa dipercaya.

Buatlah kesepakatan diatas kertas bahwa jika Anda mampu menjual atau menyewakan properti tersebut akan memperoleh komisi sebesar 2 Juta sampai 10 juta sesuai harga properti tersebut.

Lihat promo Rumah Murah di Jogja

2. Membuat Website Properti

Selain menjadi broker atau makelar, jika Anda memiliki keahlian dibidang pembangunan dan pengembangan website, Anda juga bisa membuat website bertema properti. Web seperti ini sangat banyak jenisnya seperti company profile, landing page, iklan baris ataupun membership properti. Untuk menguasai keahlian ini, Anda bisa belajar bareng mentor di Etnipro Indonesia.

Kunci dari suksesnya berbisnis website properti ini adalah ketepatan positioning website Anda merujuk kepada siapa? Apakah agen? developer? atau lainnya? Semakin spesifik, konten dan tampilan yang Anda bangun akan lebih profesional. Anda bisa mulai mengisi blog artikel seputar dunia properti sampai traffic kunjungannya benar-benar banyak.

Setelah websitenya berkembang terus apa yang dilakukan? Tentu saja selain bisa menjual properti milik orang lain, Anda juga bisa menjual web tersebut dengan harga fantasis puluhan hingga ratusan juta rupiah karena web sudah terbangun, terpelihara dan teroptimasi dengan sangat baik.

3. Kerjasama Bisnis Properti Bagi Hasil

Peluang ini sangat menarik dari berbisnis properti dan cocok diterapkan oleh para pemula tanpa modal besar. Namun perlu Anda ketahui salah satu kiat sukses menekuni bisnis properti sistem kerjasama bagi hasil adalah mempunyai banyak kenalan atau relasi.

Semisal Anda memiliki kenalan yang memiliki lahan tanah kosong yang cukup luas. Maka Anda bisa mengajak buat perjanjian kerjasama dengannya perihal bisnis tanah tersebut. Anda bisa membuat tanah menjadi beberapa kavling, kemudian dipasarkan dengan harga yang lebih mahal ketimbang tanpa kavling. Sebagian keuntungan dari hasil penjualan tanah kavling bisa Anda dapatkan yang porsinya sesuai kesepakatan sebelumnya dengan pemilik tanah bersangkutan.

Baca Juga: Jasa Digital Marketing Property

4. Bisnis Tanah dan Rumah Kavling

Bisnis Kavling Tanah juga jadi salah satu peluang investasi properti yang terus diincar karena harganya terus bagus. Kavling Tanah merupakan bagian tanah yang telah dipetak-petakan dengan menggunakan ukuran tertentu yang bisa dijadikan sebuah bangunan atau hunian tempat tinggal.

Kavling sendiri menurut bahasa Inggris disebut juga dengan lot yang mengacu pada sebidang tanah kecil di kota atau perumahan. Lot Kavling ini berukuran untuk satu rumah. Pada umumnya, kavling tanah bisa Anda temukan di perumahan dengan beragam ukuran yang dapat dibagi-bagi sesuai lokasinya. Penataan tersebut membuat tanah dapat dibagi sesuai luas bangunan yang dimiliki.

Nah, bagaimana implementasi bisnis kavling ini? Misalkan Anda berencana mendirikan perumahan kavling di suatu daerah tertentu, maka Anda hendaklah mencari tanah kosong yang luas strategis di sekitar wilayah tersebut yang hendak dijual. Kemudian pada pemilik tanah tersebut utarakan niat Anda untuk membeli tanag sesuai harga yang dinegosiasikan.

Pembayaran bisa uang muka terlebih dahulu atau perjanjian kerjasama. Biasanya harga tanah luas yang kosong dijual dengan harga murah ketimbang harga tanah per kavling. Setelah lahan Anda miliki, kemudian dibagi menjadi beberapa kavling tanah atau Anda bisa jual beserta rumah kavling sekaligus.

5. Bisnis Jual Beli Rumah Bekas

Jenis jenis bisnis properti berikutnya adalah jual beli tanah. Bisnis ini merupakan pilihan bisnis yang sangat bagus bagi para pemula yang jeli melihat peluang usaha yang ada. Cara sukses bisnis jual beli rumah sangat mudah.

Anda tinggal mencari rumah yang hendak dijual dengan harga murah, biasanya pemilik rumah dalam kondisi terdesak karena membutuhkan uang untuk biaya kebutuhan mereka. Setelah membeli rumah tersebut, Anda bisa merenovasinya sampai terlihat baru, indah dan menarik. Langkah terakhir Anda tinggal jual kepada orang yang membutuhkan dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli pertama ditambah biaya renovasi rumah.

6. Jenis Jenis Bisnis Properti Jual Beli Tanah

Cara lain bisnis properti yang bisa membuat seseorang menjadi kaya raya adalah jual beli tanah, gak heran kalau dibeberapa wilayah ada julukan juragan tanah. Perlu Anda pahami harga tanah setiap saat mengalami kenaikan yang bervariasi. Semakin strategis lokasi tanah, maka semakin besar kenaikan harga tanah tersebut setiap hari.

Bisnis ini terbilang lebih keranah Investasi jangka panjang karena Anda perlu memendam tanah yang sudah dibeli kemudian jual disaat harga lagi naik-naiknya atau ketika ada orang yang bener-bener butuh dengan tanah tersebut. Sehingga Anda bisa menjual dengan harga fantastic bahkan tidak masuk akal itungan Anda sebelumnya.

7. Bisnis Rumah Kost Kost an Penyewaan

Bisnis kost-kostan sampai sekarang masih populer dan terus di lirik oleh pebisnis properti. Kenapa? karena semakin bisa membuat tempat penginapan di lokasi yang strategis, semakin mudah juga mendapat penghuni yang mereka akan bayar setiap bulan atau tahunnya.

Pendirian kost-kost an biasanya diterapkan pada lokasi yang berdekatan dengan pabrik, universitas, sekolah, hingga rumah sakit. Semakin Anda jeli, maka semakin mudah juga bisnis penginapan ini menjadi pemasukan cuma-cuma tanpa harus banyak gerak atau bekerja.

Apakah rumah pribadi bisa dijadikan kost-kost-an? Tentu saja bisa, asalkan Anda memodifnya menjadi rumah penyewaan untuk dihuni oleh berbagai orang baik yang berstatus mahasiswa, pekerja ataupun karyawana disuatu lembaga. Anda bisa memilih tempat tinggal di area jauh dari pabrik dan biarkan rumah disekitaran situ menjadi passive income Anda secara berkelanjutan. Didaerah kalian banyak nggak kost-kost-an yang ramai?

8. Bisnis Tanah Proyek Pemerintahan

Setiap bisnis properti memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Dan bisnis satu ini termasuk yang harus dilakukan jika sudah memiliki keterampilan tingkat tinggi. Jenis bisnis ini biasanya selalu mencari informasi terkait rencana pemerintah tentang pembangunan proyek seperti jembatan tol, jembatan layang, bendungan, dan lain-lain.

Informasi ini bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang jika keahlian Anda sudah level tinggi. Anda bisa membeli tanah dilokasi yang kira-kira termasuk lahan yang akan terkena proyek pemerintah. Dekatilah pemilik tanah kemudian utarakan niat Anda untuk membelinya sebelum dibeli oleh pemerintah. Karena target Anda tanah yang sudah dibeli, dijual lebih mahal ke pemerintahan.

Untuk menerapkan bisnis tanah proyek pemerintahan ini, Anda perlu skill negosiasi dan management keuangan yang baik. Karena jika informasi yang Anda dapatkan mleset, bisa jadi tanah yang sudah Anda beli tersebut hanya sebatas investasi tanah kavling biasa yang belum tahu kapan bisa dicairkannya menjadi lebih tinggi dari harga beli pertama.

Baca Juga: Jasa Digital Marketing Terbaik

9. Jenis Jenis Bisnis Properti Jual Beli Ruko

Rekomendasi bisnis properti berikutnya adalah dengan jual beli ruko. Anda bisa membeli sebuah rumah toko di lokasi yang strategis kemudian membuka sebuah bisnis atau usaha di ruko tersebut sehingga menghasilkan keuntungan yang lumayan besar.

Pilihan lainnya adalah Anda bisa menyewakan ruko tersebut hingga memperoleh passive income perbulan atau pertahun. Selanjutnya, seiring berjalannya waktu, harga jual ruko mengalami kenaikan cukup pesat dan Anda bisa menjual ruko tersebut untuk memperoleh keuntungan yang sangat besar. Bagaimana? modal Anda sudah siap untuk menjalankan bisnis ini?

10. Bisnis Jual Beli Rumah Baru

Jika diatas kami sudah menerangkan bisnis jual beli rumah bekas, nah Anda juga membuka bisnis properti Jual Beli Rumah Baru, namun membutuhkan modal uang yang cukup besar. Langkah pertama, Anda bisa membeli rumah baru di lokasi strategis secara cash atau kredit.

Kemudian Anda bisa menyewakannya dengan harga tinggi baik perbulan maupun pertahun. Untuk rumah dilokasi yang strategis pasti tak akan kesulitan memperoleh penyewa karena biasanya dapat memenuhi kebutuhan si penyewa.

Seiring berjalannya waktu, harga rumah di daerah tersebut pasti akan naik dan Anda bisa menjual rumah dengan harga baru yang jauh lebih tinggi dari pertamakali Anda beli.

11. Membuka Perusahaan Properti

Ide terakhir yang mungkin bisa kami sharing pada pembahasan hari ini adalah Anda bisa membuka perusahaan properti. Perusahaan tersebut bisa mulai bergerak dalam jasa broker jual beli dan sewa properti. Anda bisa merekrut tenaga marketing sebanyak-banyaknya dengan sistem gaji atau komisi, sehingga orang lain yang bekerja untuk Anda.

Peluang bisnis jasa broker ini masih sangat menjanjikan dan menguntungkan diterapkan era sekarang asalkan Anda mau terus mengikuti perkembangan teknologi informasi seperti website, social media marketing, dan lain sebagainya.

Pasang Iklan Properti Gratis di Terintegrasi

Kesimpulan Jenis Jenis Bisnis Properti

Jenis Jenis Bisnis Properti
Mulai Bisnis Properti Anda Sekarang!

Menentukan jalan bisnis dibidang properti tidak bisa sembarangan atau asal pilih. Dalam artian Anda perlu menentukan seyakin mungkin terjun dibidang apa? Kami baru saja menjelaskan 11 jenis jenis bisnis properti yang mungkin bisa menambah referensi Anda.

Jika dirasa Anda masih sangat baru masuk kedalam dunia properti, Anda bisa memulainya dengan menjadi makelar atau broker properti karena Anda cukup mempelajari keilmuan bagaimana menjadi broker yang cerdas. Jika Anda sudah berhasil menjual berbagai jenis rumah atau tanah, Anda bisa meningkatkan kapasitas bisnis properti ke level berikutnya seperti developer ataupun investor.

Nah sebagai informasi penutup, bagi Anda yang ingin belajar bisnis properti dari NOL sampai bisa memasarkan properti secara mandiri, Anda bisa gabung menjadi Member Etnipro Indonesia. Kami merupakan sebuah Platform Belajar Bisnis Properti untuk Milenial yang ingin menjadi marketing properti handal, developer terpercaya dan investor cerdas. Daftar Gratis Sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *