Tips Membeli Rumah di Perumahan Beserta Cara Memilihnya

Tips Membeli Rumah di Perumahan Beserta Cara Memilihnya

Tips Membeli Rumah Di Perumahan Beserta Cara Memilihnya – Pertumbuhan penduduk yang pesat berdampak pada meningkatnya kebutuhan akan tempat tinggal, seperti rumah tinggal. Sayangnya, ketersediaan lahan untuk perumahan tidak mampu menutupi semua permintaan tersebut. Tak heran jika perumahan dianggap sebagai salah satu solusi dari permasalahan tersebut.

Ada masanya dimana semakin bertambahnya usia, kalian berpikir ingin memiliki rumah sendiri baik diperumahan ataupun di pedesaan, asalkan nyaman untuk kebahagiaan keluarga. Berikut kami akan berikan informasi mengenai Tips Membeli Rumah Di Perumahan dan cara memilihnya.

Baca Juga: Jasa Digital Marketing Property

Tips Membeli Rumah di Perumahan

1. Cari Brosur Penawaran Rumah Sebanyak-Banyaknya

Ini adalah tips pertama yang perlu Anda lakukan ketika memilih rumah di perumahan. Apa tujuannya? Ada pepatah yang mengatakan bahwa semakin banyak Anda mendapatkan, semakin banyak alternatif yang Anda miliki. Itulah alasan mengapa Anda perlu mencari brosur penawaran rumah sebanyak mungkin. Ya, untuk memastikan yang terbaik.

2. Pastikan Anda Melakukan Survey Ke Area Perumahan Terlebih Dahulu

Sobat, cukup banyak saudara kita yang belum memahami betapa pentingnya melakukan survey lokasi rumah terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli rumah di perumahan. Jangan terbawa oleh brosur, himbauan pemasar, dan kata-kata orang lain yang memuji kawasan hunian. Bukan suuzan itu, ini hanya cara untuk mengkonfirmasi kebenaran sesuatu. Anda juga berhak memilih.

3. Jangan Lupa Pahami Konsep Perumahannya

Biasanya setiap rumah memiliki konsep yang berbeda-beda. Ada yang menerapkan konsep hunian klasik, modern, minimalis, bahkan tradisional. Karena itulah sebelum memilih rumah di perumahan, Anda perlu memahami konsep perumahan. Jika dianggap sesuai selera, maka tidak masalah. Bagaimana jika tidak? Tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan.

4. Pertimbangkan Lokasi Perumahan

Ada beberapa cara atau tips yang perlu Anda perhatikan saat memilih lokasi perumahan. Pertama, pastikan perumahan tersebut mudah ditemui. Kemudian, periksa apakah ada tempat-tempat vital di sekitar perumahan, seperti pusat kesehatan (rumah sakit atau puskesmas), sekolah, pasar, dan sejenisnya. Sahabat bisa membayangkan sendiri apa jadinya jika tempat-tempat tersebut jauh dari rumah.

5. Perhatikan Arah Rumah

Bagi Anda yang lebih menyukai gaya hidup sehat dan menjadikannya sebagai prioritas utama, maka arah rumah dalam perumahan penting untuk diperhatikan. Pasalnya, rumah yang terkena sinar matahari dinilai lebih sehat, apalagi sinar matahari pagi yang mampu menetralisir ruangan.

6. Pilih Posisi Rumah Potensial

Anda mungkin bingung apa arti dari posisi rumah potensial, bukan? Begini sob, umumnya rumah di perumahan terbagi menjadi dua posisi seperti pojok dan tengah. Nah, rumah potensial itu posisinya paling pojok (ujung). Mengapa? Sangat mungkin untuk melakukan pemekaran (perluasan) dibandingkan dengan rumah yang posisinya berada di tengah. Karena itu, jika Anda memiliki rencana untuk ekspansi, maka memilih rumah paling akhir adalah yang paling tepat.

7. Agar Tidak Tertipu, Anda Perlu Memeriksa Kredibilitas Pengembang

“Kecurangan akan selalu ada dan hanya akan binasa jika penggunanya juga binasa.” Terkadang, orang biasa cenderung menjadi sasaran empuk bagi pengembang palsu. Salah satu motif pengembang gadungan adalah menawarkan harga rumah murah dengan fasilitas mewah. Kasus seperti ini sudah terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

8. Periksa Kualitas Bahan Bangunan Rumah

Sebenarnya, ini relatif. Umumnya, rumah dengan kualitas tinggi cenderung lebih mahal daripada rumah dengan kualitas standar. Jika Anda tidak mempermasalahkan harga, maka kualitas rumah bisa didapat, mungkin tidak. Ingat, potensi kecurangan selalu ada. Oleh karena itu, periksa dan pastikan kembali kualitas konstruksi rumah sebelum memilih rumah di perumahan.

9. Periksa Status Rumah

Di mana pun Anda memilih rumah, baik itu rumah di Jakarta, rumah di Padang, atau rumah di daerah lain, maka periksalah status rumah tersebut. Perlu Anda ketahui, umumnya penjual menawarkan dua jenis rumah yaitu rumah hunian dan rumah inden. Rumah hunian adalah rumah yang siap huni, sedangkan rumah inden belum. Rumah pivot perlu dibangun terlebih dahulu dan Anda biasanya hanya diperbolehkan memilih denah lokasi perumahan.

10. Bandingkan Dan Temukan Perumahan Yang Menawarkan Harga Ekonomis

Anda ingin mendapatkan rumah yang lebih baik? Memang dalam memilih rumah di perumahan, sebaiknya memperhatikan fasilitas yang sudah tersedia. dibutuhkan banyak usaha untuk mencapai sesuatu yang menguntungkan. Tapi percayalah, hasil jerih payah dan kerja keras akan terbayar begitu tujuan tercapai.

11. Cek Fasilitas Yang Ditawarkan

Dalam memilih rumah di perumahan, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu fasilitas yang tersedia. Konteks fasilitas di sini sangat luas. Mulai dari fasilitas yang ada di dalam rumah itu sendiri hingga yang ada di kawasan pemukiman. Misalnya tempat ibadah, taman, kamar anak, dan sejenisnya. Ingat, fasilitas ini harus berada di area perumahan.

12. Memastikan Lingkungan Perumahan Yang Bersih Dan Sehat

Membandingkan mana kawasan pemukiman yang bersih dan sehat dan mana yang tidak, tidaklah sulit. Sobat bisa mengecek di beberapa tempat, seperti gorong-gorong, ketersediaan tempat pembuangan sampah, dan gorong-gorong. Selain itu, pastikan lingkungan hunian ditumbuhi tanaman atau pepohonan, sehingga terlihat lebih asri. Oleh karena itu, pertimbangkan faktor lingkungan sebelum memilih rumah di perumahan.

13. Pertimbangkan Faktor Keamanan

Sobat, ini adalah faktor yang sangat vital. Kehidupan yang terus-menerus dihantui oleh kecemasan dan ketidakamanan pasti tidak menyenangkan. Oleh karena itu sobat harus memperhatikan faktor keamanan ini. Anda bisa mengecek ketersediaan CCTV, satpam, atau petugas lainnya. Misalnya, kawasan pemukiman di Padang. Ada beberapa perumahan yang belum menyediakan fasilitas ini. Meski lebih murah, tapi usahakan tetap menjaga keamanan.

14. Pertimbangkan Jaminan Kerusakan Rumah

Garansi juga tidak kalah penting, sobat. Umumnya rumah tinggal menawarkan garansi kurang lebih 3 bulan. Anda bisa memanfaatkan jangka waktu 3 bulan saat terjadi kerusakan pada rumah, seperti atap bocor, dinding retak, dan lain sebagainya. Jadi, memilih rumah dengan jaminan cukup menguntungkan bukan?

15. Pada Awalnya, Tanyakan Bagaimana Sistem Pembayarannya

Sobat, tujuan mengetahui sistem pembayaran rumah di awal sangatlah penting karena kamu bisa mengukur kemampuan kamu dalam hal pelunasan. Jangan sampai teman Anda bermasalah dalam pelunasan di kemudian hari. Secara umum ada 3 sistem pembayaran yaitu dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), tunai bertahap, dan tunai. Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan dipaksa, sobat.

Pasang Iklan Baris Gratis di: Terintegrasi Media

Alasan Memilih Rumah Di Perumahan

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita ulas lebih lanjut mengenai alasan memilih rumah di kawasan perumahan yang menjanjikan tersebut.

1. Miliki Tatanan Lingkungan Yang Baik

Perumahan yang baik dan baik dapat dilihat melalui penataan lingkungan. Dimana setiap hunian tertata rapi, serta memiliki jalan yang lebar dan rata. Selain itu, perumahan umumnya juga memiliki berbagai fasilitas yang bermanfaat, seperti taman dengan pepohonan yang tertata rapi, area bermain anak di ruang terbuka hijau, dll. Jadi, alasan paling mendasar untuk memilih rumah di perumahan adalah tentang penataan lingkungan yang lebih baik. .

2. Fasilitas Yang Memadai

Fasilitas merupakan salah satu faktor yang menjadi pertimbangan seseorang dalam memilih hunian di perumahan. Berbeda dengan membeli rumah di pinggir jalan raya, perumahan menawarkan fasilitas yang jauh lebih lengkap dan memadai. Fasilitas yang ditawarkan sendiri biasanya terdiri dari berbagai jenis, seperti jogging track, taman, kolam renang, dan lain sebagainya. Dengan berbagai fasilitas tersebut, aktivitas sehari-hari di sekitar rumah bisa lebih menyenangkan.

3. Mengutamakan Keamanan Dan Kenyamanan

Kemudian, alasan memilih hunian di perumahan selanjutnya adalah soal keamanan dan kenyamanan. Perumahan yang baik tentunya memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Dengan sistem keamanan yang terjamin, penghuni perumahan akan merasa lebih aman dan nyaman.

4. Sebagai Alat Investasi

Tidak sedikit orang yang memilih tinggal di kawasan hunian untuk dijadikan sebagai sarana investasi. Terutama investasi di bidang properti. Biasanya investor ini cenderung memilih lahan kosong, dimana harga yang mereka dapatkan bisa lebih murah.

Sehingga nantinya rumah bisa dibangun dan juga dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi sebagai nilai investasi properti. Namun ada juga sebagian masyarakat yang memilih rumah siap huni, kemudian menyewakannya sebagai rumah kontrakan.

Keduanya sama-sama menguntungkan bukan? Nah, sekarang Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih dan membeli rumah di perumahan karena kami punya rekomendasi Rumah Murah di Jogja yang bisa Anda miliki untuk hunian keluarga tercinta.

Demikian ulasan artikel tentang tips membeli rumah di perumahan beserta cara memilihnya, semoga bermanfaat.

Mau Belajar Digital Marketing? Daftar di Kelas Etnicode

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *